Candi Pendem Pucangan Ngrambe

Candi Pendem Ngrambe
Candi Pendem Ngrambe. FOTO: Ngrambe.net

#NGAWIRamah #KabarNGAWI #DolinBro

Salah satu tempat wisata sejarah di daerah Ngrambe yang wajib anda ketahui, yak! Namanya Candi Pendhem, terletak di desa Pucangan Kecamatan Ngrambe bagian ujung barat dan selatan Kabupaten Ngawi. Seperti namanya candi ini memang ditemukan oleh warga sekitar dalam keadaan terpendam, kalau tidak salah ketika saya masih duduk dibangku MTs atau Aliyah ya mungkin karena saya sendiri juga sudah agak lupa hihi..

Baca juga:
Situs Peninggalan Majapahit di desa Banyubiru

Montro Aji Brojomusti [Pakde Wignyo & mbah Margoneroko]

Keberadaan Candi Pendhem ini adalah bukti sejarah bahwa dahulunya di tanah Jawa agama Hindu mempunyai pengaruh yang sangat kuat. Jauh sebelum candi ini ditemukan warga Pucangan, situs ini telah ditemukan oleh Belanda pada tahun 1920an, dan sebagian besar benda – benda purbakala ini telah dibawa ke Tretes Malang. Dan yang masih berada di Pucangan ini adalah sisa peninggalan yang belum sempat / tidak dipindahkan oleh Belanda.

Candi Pendem Ngrambe
Sisa sisa reruntuhan Candi Pendem. FOTO: Thomy Nugroho/2017

Memang sangat disayangkan ya karena keadaanya sekarang sudah nyaris tak ter-urus dapat anda lihat dari papan larangan dan lokasinya sendiri yang seperti tak dianggap sebagai warisan sejarah.. ckckck…

Saya sendiri memang belum lagi melihat keadaan candi pendem ini ya untuk sekarang ini, dan betapa mirisnya saya ketika membaca artikel Candi Pendem : Cagar Budaya Yang Terlantar ternyata memang tak seperti yang dijanjikan Pemerintah Kota Ngawi seperti yang ramai dibicarakan masyarakat sekitar candi waktu itu.

Candi Pendem Ngrambe Ngawi
Sisa sisa reruntuhan Candi Pendem. FOTO: Thomy Nugroho/2017

Seperti yang kita tau, banyak sekali tempat – tempat menarik di Ngrambe, namun tak sedikit yang kurang dipelihara kelestariannya.

Benar juga apa kata Sang bayang: Keberadaan situs purbakala itu adalah sebagai bukti nyata dan bagian dari perjalanan kebudayaan bangsa ini.

Candi Pendem Ngawi
Sisa sisa reruntuhan Candi Pendem. FOTO: Thomy Nugroho/2017

Jadi, bukankah ini merupakan tugas kita bersama untuk melestarikannya? Pie perasaanmu para pemuda Ngrambe?

Sumber :
http://ngrambe.net/candi-pendhem-pucangan-ngrambe-ngawi/


_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Kata kunci: ngawi, ngawi ramah, wisata ngawi, explore ngawi, ngawi jawa timur, visit ngawi, kabupaten ngawi, jogorogo, selondo, ngrambe, sine 

Subscribe to receive free email updates: