Untuk siapa anda Bekerja?

Pekerja Pabrik
Untuk siapa anda Bekerja? FOTO: Kompascom

Interview Question: "Kenapa anda ingin bergabung di Perusahaan ini?"

Answer: "Saya ingin memajukan Perusahaan ini"
Benar atau salah bro?

Baca juga:

===
Bahasa,
Recruiter: Hrd Perusahaan
Jobseeker: kandidat/talent/calon karyawan
===

Sy tidak akan menjudge itu jawaban benar atau salah. Karena sy bukan Recruiter.

Sy hanya ingin mengupas jawaban tersebut. Sejujurnya, benarkah kita karyawan bisa memajukan Perusahaan tersebut?

Jawabnya: bisa, lalu benarkah kita bekerja untuk Perusahaan?

Iya karena dibayar?

Tapi sebenarnya kita atau anda bekerja untuk diri sendiri. Wkwkw gak percaya? Bingung ya? SAMA!😂

Sejatinya, anda itu bekerja untuk diri sendiri. Kalaupun perusahaan jadi maju, ya itu karena anda ngotot ingin Maju dan berkembang secara Profesional. Jika setiap karyawan berusaha Maju, maka otomatis perusahaan juga akan Maju.

Contoh, seseorang yang terbiasa disiplin, meskipun dia habis kontrak. Dia tak akan sedih, karena dia disiplin untuk dirinya sendiri bukan untuk penilaian dari perusahaan. Dan ditempat kerja yang baru pun dia juga akan terbiasa disiplin.

Karena gak ada manfaat baginya jika memutuskan tidak disiplin.

Jika setiap karyawan disiplin dalam segala hal. Disiplin waktu, disiplin SOP(Standar Operational Procedure). Maka perusahaan tersebut jelas makin meningkat Produktifitasnya. Makin efisien, tidak ada waktu yang terbuang. Tidak ada modal yang terbuang hanya karena kesalahan proses yang tidak disiplin mengikuti SOP yang ditetapkan.

Maka untuk kawan kawan fresh graduate(baru lulus) Berjuanglah bro. Di 2 tahun pertama karir berusahalah yang Terbaik.

===
Seseorang yang terbiasa menelurkan ide ide. Dia akan terus Gatal untuk menuliskan idenya dimanapun dia ditempatkan. Entah dipekerjaan ataupun di masyarakat dia akan terus terobsesi untuk menyampaikan idenya.

Dan perusahaan dijamin bakal Maju ketika karyawannya punya ide bagus.

Di beberapa perusahaan pun banyak yang mewadahi penyampaian ide ini. Di perusahaan Jepang namanya Kaizen. Atau kalau yang pernah kerja di AHM, namanya IS/IDP/Idea Proposal.

Dimana setiap karyawan didorong untuk terus menyampaikan idenya. Bahkan diberikan Reward bulanan untuk setiap karyawan yang menyampaikan ide paling banyak dan juga paling besar impactnya.

Impact disini biasanya mengacu pada QCDS, yakni:

Quality produk menjadi lebih baik
Cost produksi bisa lebih ditekan, sehingga efisiensi meningkat
Delivery menjadi lancar tanpa ada kendala karena kesalahan proses misalnya
Safety meningkat. Baik itu terhadap mesin mesin produksi maupun cara kerja yang lebih Aman

Lalu apa manfaatnya untuk karyawan? Selain reward yang hanya berwujud materi. Di beberapa perusahaan bahkan memberikan apresiasi lebih. Contoh kaizen di PT AHM yang berhasil membuat mesin motor lebih efisien. Karyawan yang bersangkutan kemudian diberikan kesempatan untuk magang ke Jepang. Dan sudah pasti pulang dari Jepang memperoleh kenaikan jabatan dan position.

Sebatas ide mungkin biasa. Tapi ketika ide itu direalisasikan maka hasilnya bakal luar biasa.

Jikapun ide anda tidak dihargai diperusahaan tempat anda bekerja sekarang. Jangan khawatir broh, suatu saat pasti akan berguna. Beberapa recruiter juga banyak yang menelusuri Track record anda di perusahaan lama. Dan pasti mempertimbangkan bagaimana kinerja anda di perusahaan sebelumnya.

===
Nah, beberapa bulan lalu sy nyoba gabung ke sosmed Linkedin. Menariknya, Linkedin Indonesia ini banyak di isi oleh para Profesional. Termasuk dari kalangan HR, HRD, HCD bahkan level Dirut. Mereka banyak bercerita hal hal menginspirasi hampir tiap hari. Salah satu yang menarik adalah: Leader create New Leader.

Sebut saja Pak Adi, seorang HRD dan juga Leader/Atasan. Menyeleksi salah satu jobseeker sebut saja Agus. Nah, Pak Adi ini mulai mengajari Agus untuk menjadi Sales/karyawan yang Baik. Dari yang awalnya tidak paham apa apa jadi bisa punya Skill. Suatu ketika Agus ini Skillnya sudah Mumpuni dan berniat mengajukan Resign ke Pak Adi untuk pindah ke Perusahaan yang lain. Apa kata Pak Adi? Menahan kah? Melarang kah? Bukan !

"Temukan sy dengan calon atasan kamu di perusahaan yang baru. Karena sy harus Merekomendasikan kamu supaya Diterima..!"😎

===
Bos yang Baik juga dulunya berasal dari anak buah yang baik. Jika hari ini anda jadi karyawan yang disiplin dan punya ide ide bagus. Maka suatu saat ketika anda jadi bos, karakter itu akan terus terbawa.

Jadi sebetulnya, kerja keras anda itu bukan untuk perusahaan coy. Tapi lebih untuk diri anda sendiri.

Mungkin ada yang curhat: "Kerja rajin atau malas Gajinya sama.."

Iya hari ini. Tapi yakinlah ditahun mendatang orang orang yang punya pemikiran seperti itu bakal tersingkir.

Kang Rendy Saputra, salah seorang bussiness consultant, pernah berkata: "Gaji anda hari ini adalah hasil kerja keras anda dimasa silam.
Dan kerja keras anda hari ini menentukan Gaji anda dimasa mendatang.."

Catat yak broh! 😊😄😍

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: