Saat Gajian cuma numpang Lewat...

Melek Financial
Melek Financial. Edit by TriHandoko/RadarDJowo/2019

"Gajian cuma numpang liwat cak.. jian tenin...", kata Bagong memulai curhat di ig story nya. Tak lupa dibumbui emot galau galau gimanaaa gitu.πŸ€”πŸ˜

Baca juga:

>GANASNYA Utang Online 'FinTech'

>Berguru pada Tukang Parkir

>Dolin nang Curug Cigentis

"Yo Alhamdulillah ta, Gong. Artinya ndak ada hartamu yang sia sia," komentar Gareng yang kebetulan juga lagi online langsung menyahut itu setatus adik bungsunya. πŸ˜‚

Justru, malah bagus jika gaji atau harta kita bisa langsung bermanfaat karna sudah ada pos posnya cak.

Misal Untuk nyicil semen mau bangun rumah, Sekian
Untuk belanja bulanan istri, Sekian
Untuk pendidikan anak, Sekian
Untuk orang tua, Sekian
Untuk Sodakoh, Sekian

Ndak perlu takut kurang, justru harta yang Dipakai itulah yang berkah. Jadi gak ada harta yang besar terus mengendap gak kepake.

Umpama, istri dirumah mau nyoba dagang online, langsung aja itu kasih modal. Dah percaya aja gak masalah kok. Daripada nganggur, katanya.

Umpama anak masih sekolah mau nyoba jualan, langsung aja tu kasih modal. Jaman sy esTeEm dulu, juga nekat jualan pulsa karna emang kepepet uang saku pas pasan. Ada juga teman yang jualan roti. Berangkat pagi mampir pasar beli roti, lalu bawa ke sekolah dijual lagi dikelas. #KipdeFayer broh πŸ˜…πŸ˜ŽπŸ˜Ž

Sama dengan konsep harta para Sahabat Nabi. Contohnya? Buanyak, berulang kali kan kita share kisah Abdurrahman bin Auf juga Utsman bin Affan? Apa perlu di Share lagi?

Oke lah ya, 😍

Abdurrahman bin Auf adalah salah satu Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam dari kalangan Pengusaha Kaya Raya. Dia jadi orang Terkaya di Mekkah.

Hingga kemudian turun perintah untuk Hijrah ke Mekkah, apa yang terjadi?

Dicegat sama kaum Kafir Quraisy, boleh ke Madinah syaratnya meninggalkan semua Hartanya. Bahkan termasuk istrinya, karena tidak mau diajak Hijrah. Dari orang Terkaya langsung ludes seketika itu juga. Hanya tinggal pakaian di Badan.

Tiba di Madinah, kabar itu sampai ke salah satu saudagar kaya Raya dari kaum Anshar.

Lalu ditawarilah Abdurrahman bin Auf ini.

"Bro, sy dengar anda ini pernah jadi orang terkaya di Mekkah. Dan sekarang anda bangkrut. Silahkan kalo anda mau Kaya lagi, ambil sajja setengah harta saya. Kalau anda ingin menikah lagi, silahkan pilih wanita paling cantik di Madinah ini. Sy yang akan memfasilitasinya.."

Apa kata Abdurrahman bin Auf?

"Terimakasih bro, Semoga Allah membalas kebaikan anda. Cukup tunjukan kepada saya dimana lokasi Pasarnya..?"

MasyaAllah, mental Pengusaha coy! 😍

Awalnya cuma jadi makelar kambing, kalo disini Blantik lah cak.

3 bulan kemudian, jadi orang Terkaya nomor 3 di Madinah. Dan 1 tahun kemudian, menjadi Orang Terkaya di Madinah. MasyaAllah...😍

Apa yang Hebat? Meski beliau sibuk dengan usahanya, Ibadahnya pun juga makin Rajin.

Hingga suatu hari, Madinah gempar dengan rombongan 600 unta penuh dengan barang dagangan. Kalo sekarang 600 mobil penuh dengan barang dagangan cak.

Sampe beliau di kritik oleh Aisyah Radiallahu anhu:" Saya mendengar dari Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam, Abdurrahman bin Auf akan masuk Surga dengan Merangkak.."

Merangkak disini artinya walaupun masuk Surga, tapi lama karena harus di Hisab(dihitung) dulu seluruh hartanya.

Lalu apa respon Abdurrahman bin Auf ?

"Maka saksikanlah 600 unta beserta barang dagangan ini saya infaq-kan semuanya karna Allah Subhanahu Wa Ta'ala..."

MasyaAllah...😍😍😍

Orang Kaya Harus BerIman, Orang BerIman harus Kaya

====
Lalu bagaimana kisah Utsman bin Affan? Beliau juga dari kalangan Pengusaha Kaya. Disaat sibuk mengurusi bisnisnya. Beliau masih sempat malamnya Sholat Tahajud sampai khatam Al Qur'an. Meskipun, Utsman sudah dikabarkan oleh Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam Dijamin pasti masuk Surga..

Sedekahnya juga luar biasa. Lalu apa yang menjadikan Harta Utsman bin Affan masih ada sampai hari ini?

Suatu hari, Madinah ditimpa bencana kekeringan. Sama kayak di Indonesia, sering kekeringan. Nah, saat itu, ada satu orang Yahudi yang punya Sumur. Airnya tidak gratis. Dia jual ke kaum Muslimin yang butuh air.

Oleh Utsman sumur tersebut akan dibeli. Seorang Yahudi tersebut membolehkan tapi hanya setengahnya. Kalo sekarang ibarat beli saham. Jadi sumur tersebut milik 2 orang. Dan akhirnya digilir.

Hari ini milik Utsman, siapapun yang mengambil air tersebut DI GRATISKAN. Akhirnya kaum Muslimin berbondong bondong seharian mengambil airnya, dan ditampung dirumah masing masing. Sehingga cukup untuk 2 hari kedepan.

Hari berikutnya giliran si Yahudi yang berhak menjual airnya. Tapi gak ada satupun yang membeli. Karna penduduk sudah memperoleh air GRATIS di hari kemarin.

Akhirnya, oleh si Yahudi sumur tersebut Dijual lagi seluruhnya ke Utsman bin Affan. Kisah ini kemudian terkenal dengan judul "Sumur Utsman bin Affan.."

Dan kemudian selain sumur, Utsman bin Affan juga memiliki kebun kurma. Dan itu juga DI GRATISKAN kepada siapapun yang ingin memakan buahnya. Hingga kemudian tanah tanah beliau, dikelola oleh Pemerintah untuk dijadikan Hotel dan lainnya. Untuk kemaslahatan ummat.

Investasi Utsman bin Affan inilah yang  Abadi sampe hari ini.. Ya inilah investasi dunia akherat yang paling Menguntungkan slur...😍😍😍

Lalu apa inti tulisan ini? Intinya adalah, anda boleh Kaya Raya. Tapi Mari Jadikan kekayaan itu untuk Memperoleh Surga..😍

===
Nah, karna ada yang tanya: apa relevansinya antara judul, isi dan fotonya cak? Malah isi nya cuma ada Bagong dan Gareng.. πŸ€”πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

Yasudah, sekalian aja kita sharing yak. Beberapa kawan Pengusaha berkenan membagikan tips Melek Fimancial. Utamanya untuk kawan-kawan yang Fresh Graduate. Entah itu yang berkarir ataupun berWirausaha. Samma sajja. Sebelumnya trima kasih sudah berkenan membaca sampai bawah siniπŸ˜…πŸ˜

Sedikitnya ada 6 langkah untuk mencapai Financial Freedom alias Bebas Financial. Supaya Gajian kita gak cuma numpang.lewat lalu nyesel coy..

Nah jika anda punya gaji misal 10Juta/bulan maka lakukan langkah berikut

1. FFA, Financial Freedom Account
10% nya pisahkan, boleh ditabung dulu untuk investasi. Yang penting adalah FFA ini khusus untuk membuat Pasif Income. Semisal, beli lahan untuk parkiran. Atau beli tanah untuk dijadikan Kontrakan. Yang disitu tidak terlalu butuh tenaga besar saat kita sudah membangunnya. Tapi akan terus mengalir uangnya tanpa kita terlalu ngoyo lagi. Karena sudah kerja keras diawal.

2. SAVING
10% ini ditabung untuk kepentingan Jangka Panjang. Misal untuk pendidikan anak

3. PLAY
10% Fungsinya untuk dana rekreasi, jalan jalan, ataupun hiburan lainnya. Karena hidup tidak untuk kerja terus menerus. Harus ada selingannya cak

4. EDUCATION
10% juga untuk Upgrade pengetahuan kita sendiri. Misal, mengikuti seminar wirausaha, seminar strategi bisnis, ataupun kursus dan training yang bisa meningkatkan skill kita

5. CHARITY
10% untuk Dana Sosial, Zakat, Sedekah, Infaq dll. Yang gunanya untuk membantu saudara saudara kita yang membutuhkan. Dan karena memang ada hak orang lain yang Allah titipkan lewat gaji kita..😍

6. NECCESITY
50% ini full khusus kebutuhan sehari hari selama 1 bulan. Misal nih, untuk beli bahan dapur. Untuk beli sabun dll. Untuk beli bensin motor/mobil. Untuk bayar tagihan air, listrik, gas, internet dll. Untuk bayar kontrakan. Dan ini harus dipisahkan.

Keenam langkah diatas kuncinya adalah Istiqomah alias Konsisten broh...

Semoga bisa bermanfaat untuk kita semua agar lebih #MelekFinancial yak 😍😍😍
_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: