Lucunya memulai Bisnis..

PERTIMBANGAN MEMULAI BISNIS
Lucunya memulai bisnis. FOTO: GOOGLE.COM

Memulai sebuah usaha, pada teorinya membutuhkan waktu pertimbangan minimal 1 tahun. Lamaaaa-nyaaaa. Hehehe, itu karena ada berbagai pertimbangan yang secara umum diantaranya adalah:

Baca juga:
> Haruskah Sarjana me-Nganggur?

> Kenapa harus membayar Zakat?

> [VIDEO] Saptuari Sugiharto di Seminar Ekonomi MTA


1. "Pengen sih, tapi saya gak punya modal mas.."

>> Ini  alasan klasik, lawas dan mambu kelek. Ada banyak usaha modal dengkul tanpa modal sekalipun. Atau dengan modal sangat minim. Contohnya: sampean bisa jadi MAKELAR.

Makelar ini bisnis Halal asal Jujur. Misal makelar tanah, makelar jual kendaraan, makelar rumah, makelar elektronik dan sebagainya. Sampean cukup jadi perantara saja modal cocot dan abab sudah bisa jalan. Tentu ada triknya, yang utama adalah Jujur, Ramah dan Luwes.

Misalnya lagi, periklanan, sampean punya modal 10 sosmed. Manfaatkan saja, misal ada teman yang produksi baju, tas, roti dan sejenisnya. Tawarkan saja untuk membuatkan iklan.

Atau sampean bisa ambil 5 baju, kemudian dijual lagi ambil selisihnya. Ini juga Halal bro.

2. "aku emoh jualan mas emoh diutangi tiwas rugi.."

>> Loh yang punya Usaha kan sampean to bos?
Boleh dihutangi atau tidak, itu hak penuh sampean, la lapo wedi berreng? lucu lak dipikir karo guling-guling, :P

Ingat, sistem dagang dalam Islam itu: ADA BARANG ADA UANG. Jadi saat barang laku bisa buat kulakan barang lagi. Begitu seterusnya, tidak ada dosa jika sampean tidak mau menghutangi. Ini demi kelancaran bisnis sampean. Konco yo konco, tapi bisnis harus tetap jalan. Jangan mengaku teman kalau hanya ingin membebani saja.

3. "Kalau engggak laku gimana?"

>> Ya diakali to, sampean posisi dimana? Misal masih sekolah atau di kampus. Pastikan barang yg sampean jual itu unik, dibutuhkan banyak orang. Misal jualan Flashdisk. Bentuknya cari yang unik, lucu, atau beda dengan yang ada di toko komputer.

Habis itu tinggal promosi, ke teman terdekat. Bisa manual dari mulut ke mulut. Bisa juga online via sosmed, facebook, twitter, instagram, path, whatsapp, kakaotalk, line, blog, website dan lainnya. Punya segudang akun sosmed jangan cuma dibiarkan nganggur merana apalagi cuma buat pacaran, gendaan dan hal-hal mubadzir lainnya.

4. "Pengen buka usaha tapi gak diijinin orang tua karena harus fokus kuliah.."

>>Hehehe orang tua itu gak butuh janji bro, tapi mereka butuh bukti. Buktinya apa? Kalo sampean bisa kuliah dari keringat sendiri disitulah kadang Orang Tua baru percaya.. :)

5. Tips penting lainnya adalah: TUNDA KESENANGAN. Misal sampean jual roti untung 10 ribu, jangan langsung dipakai untuk konsumsi. Tapi diputer lagi buat modal usaha. sehingga modal cupet yang awalnya 10rebu bisa sampean puter terus jadi 100ribu.

6. Tidak ada bisnis yang ujuk-ujuk mak bedunduk tiba-tiba langsung besar. Semua berawal dari nol. Nol disini adalah Modal KEBERANIAN & Keinginan. Seperti jare mbah Mariyo: There is a will, there is a way, Dimana ada kemauan disitu ada jalan. Dimana ada kepercayaaan disitu ada Keajaiban.

7. Ciri calon Pebisnis Sukses ialah yang ketika jatuh bangkit lagi-jatuh bangkit cari cara lain lagi. Tidak mudah menyerah dan Tidak punya MALU.

8. Sukses itu dimulai dari 1 langkah. Awali dari langkah yang anda bisa, setapak demi setapak, selompat demi lompatan. Jangan berputus asa.

9. Ingat jarene mbah Sadino:
" Bisnis opo sik apik bro?
>>Bisnis yang DIKERJAKAN, bukan yang ditanyakan melulu, apalagi ujung-ujungnya gak sido.. " ^_^

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: