Petaka akibat pembakaran Jerami, Apa solusinya?

KECELAKAAN AKIBAT PEMBAKARAN JERAMI
Aiptu Maryadi padamkan jerami yang mengganggu pengguna jalan di Jl. raya Jepara-Kudus(17/2/2016). FOTO: Tribratanewsjepara.com

NGAWI-- Masih membahas soal laka akibat asap Jerami di Kedunggalar(23/3/2016) kemarin lur. Ini bukan mencari siapa yang salah, ini hanya mencari solusi agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

Lihat juga:

Karena beberapa tahun sebelumnya juga ada kejadian di Paron, bakar jerami merembet ke pohon, pohonnya ambruk ndilalah ada sepeda motor yang lewat.

Satu hal yang pasti, orang Tleser pasti menempatkan mesinnya dipinggir jalan. Bukan di area sawah yang agak jauh dari jalan. Ini sudah pasti, akhirnya tumpukan jeraminya menutupi saluran irigasi(baca: kalen).

Yang punya sawah, gak mau ambil pusing langsung dibakar. Imbasnya, pengguna jalan terganggu, ya karena gangguan pernapasan, ya juga karena terganggu penglihatan, jarak pandangnya.

Seperti kejadian di Kedunggalar kemarin(23/3), korban pemotor dan sopir truk sama-sama tidak melihat jalanan dengan jelas. Akhirnya adu banteng. Korban sempat terpental beberapa meter sebelum akhirnya meninggal di TKP.

KECELAKAAN AKIBAT PEMBAKARAN JERAMI
Pembakaran jerami di Tambakromo, Geneng mengganggu pengguna jalan raya Ngawi-Maospati (8/7/2014). FOTO: Jawa Pos
>> La solusinya gimana mbah?

Nah, ben gak terulang lagi, Polisi harus turun ke lapangan, melalui Babinkamtibmas. Langsung menemui ketua kelompok tani di desa, adakan kesepakatan/perjanjian hitam diatas putih: DILARANG MEMBAKAR JERAMI DIDEKAT JALAN RAMAI.

Carane? Yo pokok'e mesin tleser harus jauh dari jalan raya. Mbuh kui harus masuk ke area persawahan, seumpama jalannya sempit.

Atau coro elek'e, yang punya sawah harus memindahkan jerami tadi jauh dari jalan raya, kemudian baru dibakar.

Selama tidak ada perjanjian/ aturan yang tertulis jelas, kejadian seperti ini akan terus terulang lagi.

===
Lak menurut cak Ari Widodo, sisa jerami ini bisa jadi pupuk. Tinggal disebar diatas lahan dan disemprot EM4. Sayang, biasanya petani memilih cara cepat untuk segera menggarap lahannya kembali.

===
Perkara ada yang menyalahkan si korban karena masih dibawah umur belum punya SIM kok naik motor. Ini lingkupnya pribadi, lebih kecil lah ya. Tapi yang bakar jerami tadi, dia tidak cuma mengganggu satu orang pengguna jalan saja, tapi banyak.

Begitu. Ganti.

#KabarNGAWI #LAKA #SAG

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: