Palereman Alas Ketonggo Srigati Ngawi..

ALAS SRIGATI NGAWI
Gapura masuk Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

Sugeng Sonten katur kagem sedoyo Wargo Ngawi sekaliyan. Baik yang masih di Ngawi maupun luar negeri. Salam kagem dulur-dulur BMI Ngawi yang berada di Jepang Korea Hongkong Taiwan Tainan Taipei Taichung Shencu Abu Dhabi Arab Saudi Singapura Malaysia Brunei Sine dan sekitarnya.

Baca juga:
Umbuljambe Babadan Paron

Air Terjun Suwono Ngrambe

Mie Ayam Terlezat di Kota Ngawi

Mugi tansah pinaringan sehat walafiat. Ugi lancar rejekinipun. Sik isih jomblo mugo-mugo enggal angsal jodo. Hehehe

Berikut sedikit foto-foto Alas Srigati Ngawi yang kita ambil di hari Rabu, 30 Desember 2015 kemarin lur. Tidak ada niatan khusus selain mampir ke rumah teman STM dulu. Mumpung di Babadan eh sekalian diajak ke Srigati. Hanya ingin tahu saja seperti apa to tempatnya, yang dulu pernah dengar pertama kali nama 'Petilasan Srigati' di pelajaran kelas 3 SD. Hehehe

ALAS SRIGATI NGAWI
Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015


Soal mitos ataupun hal-hal mistis yang berkembang di masyarakat tentang Alas Srigati ini, sy tidak tahu dan memang tidak tahu hal-hal Ghaib kecuali hanya meng-Imani saja. Tapi yang utama ini salah satu cara Simbah kita sejak dulu untuk menjaga kelestarian hutan. Itu terlihat juga dari keadaan pertanian di sekitar alas Srigati, air mengalir begitu lempengnya, sehingga turut menghidupi masyarakat. Kedua, sebagai napak tilas, bahwasanya Indonesia yang sejak dulu dikenal dengan Nusantara ini terdiri dari banyak Kerajaan. Sebagai sejarah bangsa yang patut kita pelajari.

Ya sedikit ngeblur gak apalah. Semoga bisa ngobati roso kangen panjenengan semua. Sopo ngerti ono sik durung tau mrene hehehe..

Menurut Ust. Sholeh Pati yang pernah ke Alas Srigati bareng tim Mister Tukul Jalan-jalan 2013 lalu. Srigati ini menjadi salah satu Pusat Energi disamping Alas Purwo Banyuwangi. Entah apa maksudnya sy pun juga gak paham hal-hal seperti itu. Sehingga setiap malam 1 Syuro  banyak orang yang memilih kungkum(baca:berendam) disini..

ALAS SRIGATI NGAWI
Tangga turun menuju kali tempur Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

Termasuk juga para calon legislatif pada pemilu 2014 lalu. Banyak yang memilih kungkum di lokasi pertemuan 2 sungai yang berada di alas Srigati ini(Kali Tempuk Sedalem).

ALAS SRIGATI NGAWI
Kali tempur Sedalem Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

Kita juga pernah merekam video alam sekitar Srigati, sayang sekwali belum sempat di upload lakok malah kehapus. Hehehe..

Sementara itu, berdasarkan penuturan Pak Marji selaku juru kunci, Alas Srigati ini dulunya pernah menjadi tempat peristirahatan Prabu Brawijaya V sebelum melanjutkan ritual ke Puncak Lawu.

ALAS SRIGATI NGAWI
Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

Nah, untuk yang belum pernah kesini, gampang cak. Rutenya pokok ambil jalur Ngawi-Paron atau Ngawi-Jogorogo sampai di pertigaan dusun Kenep, Desa Babadan masuk jalan paving sekitar 5 Km keselatan pol, belok kiri 200 meter.

ALAS SRIGATI NGAWI
Pertigaan dusun Kenep, jalan masuk menuju Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015


Akses menuju Srigati ini secara khusus sudah dibangun cukup bagus. Gak seperti di Umbuljambe yang kabarnya masih berupa jalan berbatu. Semoga Pemkab Ngawi masih punya celengan untuk memajukan potensi Wisata Ngawi..

Monggo ditengok foto lainnya:


ALAS SRIGATI NGAWI
Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015

ALAS SRIGATI NGAWI
Alas Srigati Ngawi. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2015
_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi Gratis Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Kata kunci: ngawi, ngawi ramah, wisata ngawi, explore ngawi, ngawi jawa timur, visit ngawi, kabupaten ngawi, jogorogo, selondo, ngrambe, sine 

Subscribe to receive free email updates: