[Video] BisMANIA JATIM

BUS MAJU LANCAR
Maju Lancar di 234 area Cikarang

BisMania itu... ya harus suka naik bus. Gak peduli ATB(AC Tarip Biasa), BUMEL, PATAS, VIP, EXECUTIF, ataupun VVIP. Jadi gak cuma suka foto atau videonya saja broo.. :) 


Kenapa harus suka naik bus? 

1. Mengurangi kemacetan 50 pemotor bisa ditampung naik 1 bus. 
2. Mengurangi polusi udara Knalpot 50 motor dipres jadi 1 knalpot bus 
3. Hemat BBM hemat Energi Bensin 50 motor dihemat dalam 1 tangki bus 
4. Bertemu dengan kawan baru, saudara baru, sedulur baru... :D 

Menyinggung dunia perbisan di Indonesia saat ini. Boleh dikatakan semakin maju dan berkembang. Dari sejak Indonesia Merdeka hingga detik ini sungguh panjang sejarah transportasi yang berfisik bongsor panjang ini. 

Hal itu tak lepas pula dengan silih bergantinya Chasis Bus yang memiliki keunggulan masing-masing. Di era awal-awal, dulu kita sering menemui bus bermesin Mitshubishi, Isuzu diesel, dan Volvo yang saat ini mulai jarang terlihat. 

Kemudian muncul lagi chasis dari pabrikan Hino. Untuk chasis premium alias mahal, Indonesia termasuk juga merajai. Yakni pabrikan Mercedes Benz Jerman dan Scania dari Swedia sudah banyak wira wiri dijalanan. Ini salah satu bukti bahwa banyak Perusahaan Oto Bus(PO) saat ini betul-betul maju bersaing ketat. 

Jika dulu model bus masih ber chasis pendek. Saat ini tentu jauh berbeda. Mulai yang bus panjang, bus dengan high deck(HD), Super High Deck(SHD), Super Double Deck(SDD) mulai banyak bermunculan. Terutama untuk bus Medan-Aceh yang betul-betul berkembang pesat dengan armada bus super mewahnya. 

Antara chasis bus dan Perusahaan otobus tentu tidak bisa lepas juga dari banyaknya Karoseri handal di Indonesia ini. Sebut saja mulai Adi Putro, Tentrem, Morodadi Prima, Rahayu Santosa, Nusantara Gemilang, Trisakti, Trijaya Union saat ini betul-betul mumpuni dalam pembuatan body bus. 

Desainnya pun banyak mengadopsi dari bus-bus mewah di Eropa. Bahkan boleh kita bilang sangat lebih bagus desain lokal ketimbang yang ada diluar negeti sana. Soal bahan bakar, memang masih banyak yang memakai solar sebagai konsumsi utama. Tapi untuk DKI Jakarta, demi mengurangi tingkat polusi udara. Sudah mulai beralih ke bahan bakar gas(BBG) utamanya untuk bus-bus kota koridor khusus seperti Busway dan APTB. 

Nah, ditengah pesatnya industri karoseri, dan semakin bertambah banyaknya PO bus tentu menjadikan persaingan semakin ketat. PO bus saat ini betul-betul dituntut untuk memberikan kenyamanan kepada penggunanya. Tak sedikit pula yang terseok-seok seperti Po bus asli Wonogiri yang kian tersingkirkan. 

Nah, selain persaingan yang sangat ketat. Hambatan yang ada saat ini juga datang dari aksi kriminal di jalanan. Seperti curhat para PO bus di jalur Medan-Aceh yang armadanya sering menjadi korban pelemparan batu. 

Maraknya aksi anarkis tersebut tentu sangat merugikan. Sayangnya tak banyak pelaku yang tersentuh hukum. Sejumlah korban meninggal dari sopir maupun penumpang sudah sering terjadi. Namun, pelaku yang tertangkap hanya terkena pasal Pengrusakan fasilitas umum. Padahal resikonya jauh lebih besar. Harusnya mereka ini terkena pasal Pembunuhan berencana. 

Seperti di Juwana, Pati belum lama ini. Bus rombongan pengantin terkena lemparan batu. Sopir meninggal dan bus kemudia menabrak rumah. 

Sangat disayangkan jika aksi seperti ini hanya dihukum ringan. Semoga aparat hukum di Indonesia bisa bertindak tegas.. ;) 

Monggo ditontok disit cak, edisi kusus jepretan kulo niki, :D


_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: