Viral di Facebook, beginilah pengakuan si Penjual Kasur..

Penjual Kasur Keliling
Sebuah Mobil penjual kasur keliling melintas di Tol JORR, arah Exit Cawang Uki, Minggu, 17 April 2016. Diambil dari bus Mayasari Bakti P 9 BT. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2016

Beberapa hari kemarin mulai rame lagi soal postingan salah satu Netizen di grub facebook Jual beli barang di Cikarang. Isinya tentang pesan kepada netizen lain agar berhati hati dalam membeli kasur. Khususnya jika ada penjual kasur keliling yang sering memakai mobil. Karena sudah banyak yang merasa tertipu, maka tulisan ini sy rasa perlu untuk disebar luaskan ke Netizen lainnya.

Baca juga:


Mereka yang mengaku Tertipu, adalah para pembeli yang membeli kasur dengan harga cukup murah tapi ternyata barangnya cepat rusak. Bagaimana tidak, kasur yang dari luar terlihat sangat bagus ini ternyata dalamnya hanya berisi tumpukan Kayu yang dipaku dan ditambah potongan Ban bekas sehingga terasa nge-Per.. Hahaha

Adapun modusnya mulai dari: Obral murah, salah alamat kirim, sampai cuci gudang dengan Agak memaksa agar membeli, biasanya memakai mobil pikap warna hitam waktunya sore hari jelang Maghrib. Target utamanya adalah penghuni kontrakan yang kebanyakan anak Perantauan. Harganya bervariasi, ada yang ditawarkan 1,5 Juta di nego 700 langsung dikasih. Ada juga yang 600ribu, ada juga yang hanya 200ribu. Selain terkenal beroperasi di Cikarang, penjual kasur model begini juga marak ditemukan di Yogyakarta, Solo, Madiun, Lampung dan daerah lainnya.

Berikut penuturan salah satu Netizen di grup facebook KOMUNITAS JUAL BELI DI CIKARANG - BEKASI :

‎Prita Rachmayanto Jum'at, 11/11/2016 18.47 WIB :
Info.. Hati2 Kalau beli kasur model di mobil kaya gini. Mereka bergentayangan dimana-mana. Udah banyak korban. Isinya Kayu sama Karet ban dan dibungkus Rapi. Biasanya mangkal di pom bensin/ pinggir jalan. Alasanya salah kirim atau kelebihan.... Waspadalah!

Sontak postingan tersebut langsung dikomentari ratusan pengguna facebook. Tercatat sudah 343 komentar, 858 Suka dan dibagikan 305 kali sampai hari Sabtu(12/11/2016) pukul 20.00 WIB ini.

Beragam komentar ditulis ratusan netizen mulai yang curhat karena sudah terlanjur beli baru dipakai sehari sudah jebol. Tapi adapula yang membela bahwa hal tersebut bukanlah penipuan, mereka beralasan karena barang murah tentu kualitasnya wajar jika jelek.

Nah, berikut beberapa komentar yang kami rangkum:

Vermai Trisno Hutagalung :
Wkwkwkwk... gw udah jadi korbannya. Beli 500 ribu dipake 2 hari ambles. Semoga tuh penjual dapat hidayah dari Tuhannya... Amin

Adinda Rahmah :
Kalo saya lebih serem lagi. Dia dateng ke kontrakan. Ngegedor-gedor tiap pintu tengah hari bolong nawarin kasur maksa banget berapa aja yang penting dibayarin. Badan gede gayanya juga ga sopan. Trus saya bilang 50rb ya, dia malah bilang "Yang bener aja bu masa kasur harganya 50ribu" sambil marah-marah pula. Untung waktu itu pas yang punya kontrakan datang (org Batak dan sangar) langsung di usir. Mesti hati2.

Yunita Prastyadamayanti :
Iya betul, temen kontrakan saya juga pernah ketipu.. alasannya salah krim, udah muter2 katanya alamat gak nemu, trus suruh beli sama temen kontrakan, mana maksa banget, Ampe mohon2.. akhirnya kena Dech.. 900rb...

Mas Jat Songolas WoluEnem :
Hhhh... Dulurku yo pernah... nek di nggo turu wong 2 iso ambles mlumpuk nyang tengah hhhhh... Gokil!

Setyo Wahyuni:
Cilikane anakku nangis kon nukokne diomongi ra kenek mboso wes ditukokne ra gelem nganggo turu mergane nek turu mesti moro nengah, akhire nggo turu kucing...😅

Java Serama :
Wakakaka dadi kelingan aq, kasur springbed rego 800 jare cuci gudang, tak nyang 250 di wekne..
Bareng tak encot encot malah ketatap kayu sengon, cagak palangane kayu sengon, pire karet bAn, di isi sampah, gombal2, hasem tenan.
PIYE PERASAANMU NEK NGENEKI?

Sri Rusmanah :
Iya bener aku juga hampir ketipu bahkan udah nego dan tinggal mbayar. Eh..pas lagi ngambil uang di dompet suamiku datang. Lalu di cek lah springbed yang kata penjualnya barang bagus...teruuuusss suamiku melarang sy untuk membelinya

Akhirnya sy nurut kata suami...batal beli.. tapi selang beberapa hari tetangga satu RT ribut2 katanya beli springb ed murah baru di pake tidur semalem udah jebol alias rusak. Ya ampun pas di lihat dalamnya ternyata isinya bener2 mengagetkan. Potongan kayu yg di sambung2 di paku dan ban bekas yang dipotong kecil memanjang seolah seperti per yang bsa mentul2..

SUDAH ADA SEJAK TAHUN 1993😅😋

Danang Supriyanto :
Kasur abal-abal ki, sudah ada sejak aku duduk dikelas 4 SD tahun 1993. Awale seneng mbok mulih ko pasar gowo springbed Anyar duwur kandel sisan. Sampe-sampe bungkus-bungkus plastike ura entok dibukak.

Lha ndilalah bapakku bengi-bengi melu turu aku. Lagi go mulet tengah wingi langsung Mak jetoot karete pedot nyungsep mudun dadi siji ning tengah kabeh... :D

APA SIH ISINYA?

Klik foto dibawah ini gan. Biar lebih yaqueen mewahnya kasur ini

modus kasur murah
Unboxing kasur mewah yang isinya kayu dan potongan karet ban. FOTO: Facebook Info Depok 

PENGAKUAN SI PENJUAL KASUR

Dwi Handoko Sufyan menulis di grup facebook info cegatan jogja :
Ngene lur ceritane, wingi aku dinner neng angkringan daerah Tegal Panggung. La let 10 menit aku neng kono mak bedundug teko mobil SS pick up hitam nggowo Spring Bed melu mangan neng angkringan kuwi. Wa kesempatan iki isoh takon2. Tak takoni soal spring bed e lan isine. Sisan tak duduh ke sebagian postingan sing neng ICJ, ben ngerti aku tanggepane piye...

La bapak-bapak kuwi Terus muni ngene :
"Yo sak jane ki isine pancen koyo ngono mas, tapi kembali lagi ke penjual e.. ora kabeh penjual spring bed kuwi muni spring bed e asli, ono sing jujur muni iki spring bed KW wong yo ono rego ono rupo dadi yen barang elek dengan harga murah ki yo wajar.. ora bedo karo sales produk opo wae mas, mesti barang e sing elek yo tetep di akoni apik, yen aku terus terang yen adol mesti jujur muni apa anane, wong duit yen ra barokah yo ra marai lemu anak bojo.."

La mak cleng aku krungu penjelasane bapak ne kuwi, tak kiro arep nesu jebule sing jawab koyo ngono. Tiwas yen nesu ki aku wes siap yoan. Siap2 mlayu... Wes ngono wae ceritaku, simpulkan dewe wae intine....

Dalam bahasa Indonesia:
" Ya sebenarnya isinya memang seperti itu mas(kayu & karet ban). Tapi kembali lagi ke penjualnya. Tidak semua penjualnya bilang spring bed itu Asli. Ada yang jujur bilang itu spring bed KW. Kan ada harga ada wujud barangnya. Jadi barang jelek dengan harga murah itu ya Wajar. Tidak beda dengan Sales produk apapun, pasti barang yang jelek dikatakan bagus. Kalau saya terus terang kalo jualan pasti jujur bilang apa adanya. Kan uang kalo tidak barokah ya tidak bisa bikin gemuk anak istri.."

TENTANG PRODUSENNYA

Fajri Adzikri :
Koncoku disik malah ruh gone gawe cak. Daerah Jatimulya Bekasi. Jenis kayu bekas palet karo ban dalam.. Yo to?

Sigit Nugroho :
Infonya, harga spring bed produk lokalan Madiun sesuai spesifikasinya. Kalau mau minta murah ya pake bahan murah meriah. Kalu mau minta sekelas kasur premium juga bisa dipenuhi asal sanggup bayarnya. Lawong yang punya alumni pekerja pabrik spring bed. Tidak abal-abal, hanya menyesuaikan orderan saja.

Nah, sesuai komentar Pak Sigit Nugroho diatas jelas yang salah Sales/ Penjualnya bukan pada si Produsen. Karena Produsen hanya mengerjakan barang sesuai Jenis yang dipesan. Misal: Jenis A sangat bagus, B bagus dan C kurang bagus.

Sales/Penjualnya yang Salah karena menawarkan ke pembeli Jenis C dikatakan Ini Jenis A malah dijanjikan Garansi 5 tahun padahal dipake 1 malam sudah jebol.

Bagaimana Hukum Jual beli semacam ini dilihat dari sudut pandang Islam?

Nabi SAW pernah menjelaskan dalam sebuah hadits:

Dan telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub dan Qutaibah serta Ibnu Hujr semuanya dari Ismail bin Ja'far, Ibnu Ayyub berkata, telah menceritakan kepada kami Ismail dia berkata, telah mengabarkan kepadaku al-Ala' dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah melewati setumpuk makanan, lalu beliau memasukkan tangannya ke dalamnya, kemudian tangan beliau menyentuh sesuatu yang basah, maka pun beliau bertanya: "Apa ini wahai pemilik makanan?" sang pemiliknya menjawab, "Makanan tersebut terkena air hujan wahai Rasulullah." Beliau bersabda: ‘’ Mengapa engkau tidak meletakkan bagian yang basah ini di atas hingga manusia dapat melihatnya? Siapa yang menipu maka ia Bukan dariku’.” 
HR. MUSLIM

Dari hadits diatas jelas sudah Larangan Menipu dalam aktifitas Jual beli. Belajar dari kasus Penjual kasur diatas mungkin secara hukum KUHP Indonesia tidak melanggar. Atau paling-paling juga UU Perlindungan Konsumen melalui pengaduan ke YLKI(Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia). Sampai saat ini pun belum ada tindakan dari pihak kepolisian terhadap penjual kasur seperti diatas.

Tetapi dalam Islam, kasus diatas termasuk Penipuan. Karena Penjual tidak menjelaskan bagaimana keadaan barang yang dijual ke Pembelinya. Sehingga Pembeli merasa tertipu.

Pada dasarnya Muamalah atau Jual beli dan urusan dunia lainnya hukumnya Boleh, asal tidak ada Larangannya. Maka syariat Islam, melalui Al Qur'an dan Hadits berulang-kali menerangkan agar melakukan Jual beli yang Halal. Ya halal barangnya ya Halal cara jualnya. Termasuk tidak mengurangi takaran, termasuk jujur dalam promosi menjelaskan detail kondisi barang yang dijual. Tidak melakukan monopoli perdagangan, tidak menimbun barang, tidak menjual dengan 2 harga, tidak menjual dengan sistem Riba. Sehingga berapapun keuntungan yang didapatkan itu Halal dan membawa Berkah untuk keluarganya. Apapun dagangannya, yang penting Untungnya banyak dan Berkah,, kan gitu njih? 😊😊😊

Pedagang yang Jujur dan terpercaya akan dibangkitkan bersama para Nabi, orang-orang Shiddiq dan para Syuhada” 
HR. Tirmidzi no.1209

Wallahu a'lam..

Keyword: kasur, kasur murah, penipuan kasur murah, kasur springbed, modus jual kasur, cikarang, bekasi, jakarta, karawang, yogyakarta, madiun, lampung, semarang

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Subscribe to receive free email updates: