Sepeda: Beda pentil Presta dan Schrader..

Beda pentil Presta dan Schrader
Gambar 1: Beda pentil Presta dan Schrader. FOTO: TriHandoko/Radar DJowo/2016

Slamat Sore Sobat Goweser dimanapun berada. Selamat gowes sore bagi yang menjalankannya.. Kakaka..😊😊😊

Baca juga:

>Jalan jalan ke Curug Cigeuntis

>Agro Techno Park Ngrambe

>Serunya Gowes Bareng PT Schneider Electric Cikarang

Mau ganti ban dalam sepeda anda? Jangan lupa cek dulu yak model ban dalam baru anda. Jangan sampai kebingungan saya juga menular ke anda.. Hahaha.. 😁

Ceritanya minggu kemarin habis gajian ingin beli ban baru luar dalam untuk sepeda yang sy miliki. Langsung ke toko alat sepeda yang cukup lengkap di Pasar Bersih Cikarang. Eh pas sampai rumah bingung bro. Khusus ban dalam sepeda ada yang beda dibagian pentilnya..

Yak.. Beda dengan umumnya yang sy tahu. Seperti gambar A diatas, bentuk pentilnya berdiameter kecil. Bentuk yang sangat beda dengan pentil sepeda pada umumnya yang mirip pentil ban sepeda motor(gambar B).

Cukup bingung la gimana ini ngisinya yak? Terus sy baca di dus ban nya tertulis Presta Valve. Coba browsing dan inilah jawabnya: Pentil Presta.

Umumnya pentil ban sepeda berbentuk Schrader atau mirip pada ban sepeda motor. Atau yang model lawas pakai pentil karet seperti ban dalam sepeda Jengky/ Unta.

Ternyata model baru ini cukup membingungkan gak cuma terjadi di Cikarang. Nah, untuk mengisi angin pada ban dengan pentil presta ini kita harus memasang adaptor/ konektor presta dulu. Seperti tampak di gambar bawah ini..

Cara mengisi angin pentil Presta
Gambar 2: Cara mengisi angin pentil Presta. FOTO: Tri Handoko/Radar DJowo/2016

Dan lebih lucunya, adaptor ini dijual terpisah dengan ban dalamnya. Harusnya untuk pembelian ban dalam model presta disitu sekalian disertakan adaptornya. Sehingga pembeli tidak bingung harus bolak balik ke toko lagi untuk beli adaptornya. Dan untuk penjual di tokonya mohon selalu cek model ban dalamnya. Minimal memudahkan dalam pelayanan..

Jangan seperti sy cak. Ude sampe rumah eh harus balik lagi ke toko beli adaptornya.. Dan pentil presta ini umumnya dipakai di model ban dalam ukuran lebar kecil, seperti di sepeda fixie, juga sepeda balap.

Terus bagaimana cara memompa ban sepeda pentil kecil atau jenis Presta? Mudah broo..

1. Buka tutup pentil ban
2. Buka bagian baut atas dan putar pengunci pentil berlawanan arah jarum jam.(Gambar C)
3. Putar baut sampai naik keatas
4. Lalu tekan bagian tutup baut tersebut sedikit saja sampai terdengar udara keluar. (Untuk menurunkan katup pentil sehingga terbuka)
5. Pasangkan Adaptor Pentil Presta. Tekan dan putar Searah Jarum Jam(Lihat Gambar 2)
6. Dengan pompa Biasa(manual). Masukan mulut pompa Presta (posisi tidak terkunci)
7. Tekan pengunci mulut pompa, ban siap diisi dengan pompa
8. Untuk pompa Kompresor baca CATATAN Khusus dibawah ini

Nah, agar tidak banyak goweser yang bingung yuk bisa di Share tulisan ini cak.. ;)

Salam Gowes Mania Ngawi!

Catatan Khusus:
Terkadang di tukang tambal ban pun tetep tidak bisa diisi angin meski pakai adaptor. Sebab penghubung selang ke pentil(MULUT POMPA) memiliki ukuran berbeda. Yang kecil pas untuk motor dan ban presta ini. Ada juga yang lebih besar dan tidak cocok..

_____
#ADV
Monggo yang pengen buka Usaha Bisnis Pulsa, modal minimal hanya 50ribu. Pasti Untung!
Registrasi GRATIS Langsung Klik DISINI

Supported by  CV HAND CELL

Keyword:
adaptor pompa fixie, sepeda fixie, sepeda balap, adaptor pompa presta, ban sepeda fixie, cara memompa ban presta, pompa ban presta, pompa presta, mulut pompa presta, ban fixie kempes, adaptor presta, cara mengisi pentil velve kecil, cara pompa ban roadbike

Subscribe to receive free email updates: